Text

Wednesday, 14 March 2012

catatan algoritma pemrogaman


Pengantar algoritma

Contoh :  proses menguoas kentang
Langkah 1 : menyiapkan kotak kosong untuk kentang untuk kentang
Langkah 2 : mengisi kotak untuk kentang dengan kentang
Langkah 3 : menyiapkan kotak kosong untuk pisau
Langkah 4 : mengisi kotak untuk pisau dngan pisau
Langkah 5 : proses mengupas kentah

Algoritmaàke bahasa pemrogaman
1.       Membuat langkah2 dalam bahasa manusia
Tahapan2  : -deklarasàkentang=integer/pisau = integer
-          Inisialisasiàkentang<-1 / pisau <-1
-          Proses penyelesaian masalah---kentang <-kentang+pisau
-          finalisasi àpisau<-1
2.       membuat langkah dari bahsa algoritma / manusia menjadi bahsa progam
-          variable
kentang =integer;
pisau =integer;
-          begin
kentang=1;
pisau = 1;
-          writeln (‘mulai mengupas kentang’)
kentang =kentang +pisau;
pisau=0
written (‘selesai mengupas kentang’)
end
3.       melakukan komilasi dengan menggunakan compiler/interpreter
-          compiler = software yg berfungsi mengubah file kode progam ke file eksekusi (*.exe)
-         
Var {
}

 
interpreter= software yang berfungsi mengubah file kode progam ke file byte code (ex.java.ke.class)







compiler
 



kode progam                                      kode bahasa                                  progam
                                                                                                                                                                            dijalankan
                                                                                                                                                                            komputrr






Interpreter/software lain
 

interpreter
 



int {
}

 
                                               kode progam                                          kode bahasa
                                                                                                                   
                                                                                                                    bute code
                                      
                                       `                        progam dijalankan computer
Programmer
-          Algoritma : dapat menyusun progam secara terstruktur (kerapian struktur progam sangat menentukan kemudahan dalam mengembangkan progam lebih lanjut)
-          Aktiv :  mampu membuat progam dengan logikanya apapun kasusnya
-          Pasif : hanya dapat membaca tanpa bias membuatnya sendiri..


Komentar
-          Bag. Dari kode progam yg tidak di eksekusi oleh compiler
-          Komentar dianggap penting untuk memperjelas progam agar lebih dipahami / dimengerti
-          Contoh pemberian komentar
             Var
                         Kentang :interge ;{pemberian type bilangan u/ kentang}
                         Pisau: interger;  {zpemberian type bil u/ pisau}
………………………..
…………………………..
end

No comments:

Post a Comment