Pengantar algoritma
Contoh : proses menguoas kentang
Langkah 1 : menyiapkan kotak kosong untuk kentang untuk kentang
Langkah 2 : mengisi kotak untuk kentang dengan kentang
Langkah 3 : menyiapkan kotak kosong untuk pisau
Langkah 4 : mengisi kotak untuk pisau dngan pisau
Langkah 5 : proses mengupas kentah
Algoritmaàke bahasa pemrogaman
1. Membuat langkah2 dalam bahasa manusia
Tahapan2 : -deklarasàkentang=integer/pisau = integer
- Inisialisasiàkentang<-1 / pisau <-1
- Proses penyelesaian masalah---kentang <-kentang+pisau
- finalisasi àpisau<-1
2. membuat langkah dari bahsa algoritma / manusia menjadi bahsa progam
- variable
kentang =integer;
pisau =integer;
- begin
kentang=1;
pisau = 1;
- writeln (‘mulai mengupas kentang’)
kentang =kentang +pisau;
pisau=0
written (‘selesai mengupas kentang’)
end
3. melakukan komilasi dengan menggunakan compiler/interpreter
- compiler = software yg berfungsi mengubah file kode progam ke file eksekusi (*.exe)
-
|
![]() | |||
| |||



dijalankan
komputrr
| ||||
| ||||
|





Programmer
- Algoritma : dapat menyusun progam secara terstruktur (kerapian struktur progam sangat menentukan kemudahan dalam mengembangkan progam lebih lanjut)
- Aktiv : mampu membuat progam dengan logikanya apapun kasusnya
- Pasif : hanya dapat membaca tanpa bias membuatnya sendiri..
Komentar
- Bag. Dari kode progam yg tidak di eksekusi oleh compiler
- Komentar dianggap penting untuk memperjelas progam agar lebih dipahami / dimengerti
- Contoh pemberian komentar
Var
Kentang :interge ;{pemberian type bilangan u/ kentang}
Pisau: interger; {zpemberian type bil u/ pisau}
………………………..
…………………………..
end
No comments:
Post a Comment